Just an Ordinary Blogger...

Showing posts with label Resep Kuliner. Show all posts
Showing posts with label Resep Kuliner. Show all posts

09 January 2012

Tahu Gejrot;Uenak Tenan.....

Itung-itung nostalgia waktu kecil, kali ini Muro'i El-Barezy mau sharing makanan favorit waktu kecil, semasa SD ketika di Brebes, hampir sering ketemu dengan makanan ini, dan sudah lama belum ketemu lagi sama pedagang makanan ini, maklum tidak semua daerah ada. Bikin sendiri tapi kadang-kadang sih...
Makanan apa yah...
Namanya "TAHU GEJROT"
Wkwkwk...dari namanya aja lucu ya, tahu tapi ada gejrotnya, nyari-nayari definisinya ga ketemu juga apa artinya gejrot, sobat cari sendiri aja yah....
Yang jelah rasanya uenak tenan, kalo agan sobat blogger mau nyoba bikin sendiri silakan, mudah kok, berikut resepnya...........

RESEP TAHU GEJROT
  Bahan:
· 15 buah tahu goreng Sumedang
· 4 siung bawang putih, dihaluskan
· 2 buah cabai merah, dihaluskan
· 4 buah cabai rawit, dihaluskan
· 5 butir bawang merah, tumbuk kasar
· 4 buah cabai rawit, tumbuk kasar
· 2 buah cabai hijau, tumbuk kasar
· 3 sdm air asam
· 1 sdm kecap manis
· 250 cc air
· gula merah dan garam secukupnya
· Bawang goreng
Cara Membuat:
· Potong tahu menjadi dua, sisihkan.
· Didihkan air dan semua bahan, kecuali bumbu saus yang ditumbuk kasar.
· Setelah rasa cukup manis dan asamnya cukup, masukkan cabai dan bawang merah.
· Dinginkan, tuang ke atas tahu goreng.
Untuk 4 orang.
Read More

04 December 2011

Resep Sop Ikan Kakap

Hmm.. siapa yang tidak kenal sop….
Yah sayur sop adalah sayur favorit kebanyakan orang. Bisa sop daging, sop ikan ataupun yang lainnya. Apalagi yang masak istri kita, wah.. tambah nikmat saja rasanya.

Oke deh.. langsung saja kali ini saya akan memberikan anda resep sop ikan kakap yang lezat itu.

Persiapan bikin sop ikan kakap. Pertama-tama, pilih ikan kakap yang segar. Untuk mengetahui tingkat kesegaran ikan anda perlu mengecek beberapa bagian ikan seperti pada mata (Nampak mengkilat), insang dan sisik harus segar dan tidak berbau. Ikan segar bisa anda peroleh di supermarket, pasar ikan dan pergi kepantai dan beli langsung dari nelayan.
Setelah ikan siap dan merupakan sebagai bahan utama sop, maka langkah selanjutnya menyiapkan bahan-bahan lain seperti jahe, bawang putih, daun bawang, daun ketumbar, cabe rawit, jeruk nipis atau lemon, daun salam dan bumbu lainnya.

Cara membuatnya.Potong ikan sesuai selara, kemudian potong kecil semua bahan-bahan lainnya.Sementara itu didihkan air dengan menggunakan panic ukuran sedang, setelah air mendidih, masukkan bahan-bahan yang sudah dipotong tadi kedalam panci.Rebus sampai masak dan aroma harum rebusan keluar.Bumbui dengan garam, merica dan penyedap bila perlu.
Terakhir masukkan ikan kakap, masak lagi sampai mendidih dan ikan siap untuk disantap.Taburkan potongan daun ketumbar sesaat ketika sop hendak dihidangkan.

Nah berikut adalah resep sop ikan kakap.
Bahan-bahan:
  • 500 gram Ikan kakap merah, daging atau kepala
  • 2 cm Jahe, diiris tipis
  • 2 siung Bawang Putih, digeprek
  • 1 batang Daun bawang, dipotong 1 cm
  • 4 buah Belimbing wuluh
  • 2 buah Cabe hujau
  • 2 sdm Daun ketumbar, atau secukupnya
Jika anda kesulitan mendapatkan ikan kakap, maka anda bisa menggantinya dengan ikan-ikan lain seperti ikan krapu, baronang,ikan roti, ikan layur dll. Asal jangan ikan teri aja he..he..he..
Read More

© 2011 Muro'i El-Barezy, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena